Respon Siswa Terhadap Implementasi Bahan Ajar Sel Elektrokimia Dengan Strategi OE3R Materi Sel Volta Pada Program Lintas Minat Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Malang

Tarisa Ayu Rahmadani, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Pada pembelajaran ini digunakan bahan ajar sel elektrokimia sebagai penuntun pembelajaran inkuiri dengan strategi OE3R pada materi Sel Volta. Pembelajaran dilakukan sesuai tahapan yang tertera pada bahan ajar yang diawali dari orientasi dan diakhiri dengan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh informasi terkait respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar sel elektrokimia sebagai penuntun pembelajaran inkuiri dengan strategi OE3R pada materi sel volta. Implementasi bahan ajar sel elektrokimia dengan strategi OE3R pada materi Sel Volta program lintas minat kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Malang pada tahun akademik 2022/2023. Jumlah sampel yang digunakan adalah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket respon siswa terhadap bahan ajar sel elektrokimia sebagai penuntun pembelajaran inkuiri dengan strategi OE3R pada materi sel volta Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54% siswa setuju jika pembelajaran kimia menggunakan bahan ajar sel elektrokimia dengan strategi OE3R pada materi Sel Volta dapat diterapkan, khususnya program kimia lintas minat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.