Identifikasi Jenis Kegiatan Pendidikan Museum Flora dan Fauna Tarakan

Muhammad Ridwan Suyetno, Nursia Nursia, Fadhlan Muchlas Abrori

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pendidikan serta menganalisis tren kunjungan kegiatan pendidikan dan non pendidikan di Museum Flora dan Fauna Tarakan. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berasal dari seluruh pengunjung di museum flora dan fauna pada tahun 2019. Data diperoleh berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh kegiatan pendidikan yang dilakukan di museum flora dan fauna kota Tarakan berupa kegiatan observasi yang dilakukan oleh pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menegah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan juga tingkat Universitas. Sedangkan tren kunjungan kegiatan pendidikan dan non pendidikan pada tahun 2019 terdapat perbedaan yang signifikan yaitu kegiatan non pendidikan jauh lebih banyak dibandingkan kegiatan pendidikan. Terdapat 80% jumlah pengunjung kegiatan non pendidikan sedangkan dalam kunjungan kegiatan pendidikan sebanyak 20% dari total seluruh pengunjung pada tahun 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.