Abstract
Permasalahan siswa tidak hanya bersumber dari sekolah saja, tetapi juga dari keluarga. Berbagai permasalahan muncul tersebut menjadi penghambat siswa untuk berkembang secara optimal. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, diperlukan strategi layanan bimbingan dan konseling agar bisa menjangkau permasalahan siswa terutama yang bersumber dari lingkungan keluarga. Salah satu bentuk kegiatan yang mendukung layanan BK tersebut adalah kunjungan rumah atau “home visitâ€. Kunjungan rumah merupakan upaya dalam mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak atau individu yang menjadi tanggung jawab konselor/guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling komprehensif. Kegiatan kunjungan rumah diberikan kepada siswa yang memiliki permasalahan yang erat kaitannya dengan keluarga. Artikel ini menjelaskan seperti apa layanan kujungan rumah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Tarakan. Data yang disajikan merupakan hasil penelitian evaluasi dengan menggunakan metode CIPP (context, input, process, product). Hasil dari penelitian ini akan menjadi referensi bagi guru bimbingan dan konseling dalam menjalin hubungan antara pihak sekolah dengan pihak keluarga. Hubungan yang mungkin terjadi atas tindak lanjut dari home visit antara lain parenting, advokasi, studi kasus, case conference dan referral.
References
Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press
Cahyono, Tri. Management of Guidance and Counseling Services in The Merdeka Belajar Curriculum. Bisma The Journal of Counseling Volume 6 Number 2, 2022, pp 265-275
Cahyono, Tri (2021) Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: Kanaka Media
Djumhur dan Surya, Moh (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Bandung: Cv. Ilmu
Prayitno (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Sukardi, Dewa Ketut (2008). Pengantar Pelaksanana Program BK di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardati dan Mohammad Jauhar I (2022). Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Prestasi Pustaka Karya
Willis S. Sofyan (2007). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung,CV Alfabeta