Hubungan antara Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Mahasiswa

Silfia Ilma, Aidil Adhani, Nursia Nursia

Abstract


Keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk menghadapi persaingan dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas mahasiswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi korelasional dengan 60 mahasiswa sebagai sampel. Instrument penelitian menggunakan tes uraian keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan bahwa aspek keterampilan pemecahan masalah tertinggi yaitu keterampilan mendefinisikan dan memahami permasalahan, sedangkan terendah yaitu aspek meninjau ulang. Kreativitas tertinggi pada aspek rasa ingin tahu, sedangkan terendah pada aspek berpikir divergen. Hasil regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y= 19.553 + 0.688X dengan nilai 0.002 (<0.05). Kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan lebih lanjut, agar dapat memfasilitasi keterampilan berpikir tinggi mahasiswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.