Pengaruh Book Tax Differences, Arus Kas Akrual Dan Aliran Kas Operasi Terhadap Persistensi Laba (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Consumer Good Industry yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

Nadia - Khoyrunnisa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbedaan permanen, perbedaan temporer, aliran kas akrual, dan aliran kas operasi terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur sektor consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) . Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 4 tahun yaitu periode 2018-2021. Populasi penelitian ini adalah pada perusahaan manufaktur sektor consumer goods industry yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan menggunakan metode  non probability sampling, dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 18 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial perbedaan permanen, berpengaruh negatif terhadap persistensi laba. Sedangkan aliran kas operasi berpengaruh positif terhadap persistensi laba. Namun perbedaan temporer dan aliran kas akrual tidak berpengaruh terhadap persistensi laba.


References


Eksandy. (2018). Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen. FEB UMT

Werner R. Murhadi. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Salemba Empat

Hamdan. (2021). Pengaruh Book Tax Differences, Leverage, Ukuran Perusaan dan Arus Kas Operasi terhadap Persistensi Laba. Unpublished, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Nurul, F. & Wida F. (2016). Pengaruh Tingkat Hutang dan Arus Kas Akrual Terhadap Persistensi Laba. Jurnal Online, Universitas Syiah Kuala.

Ni Putu, L.D. & I.G.A.M. Asri. (2015). Pengaruh Book-Tax Difference, Arus Kas Operasi, Arus Kas Akrual, Dan Ukuran Perusahaan Pada Persistensi Laba. Jurnal Online, Universitas Udayana.

Rosanti, Nur Aini. (2013). Pengaruh Book Tax Differences Terhadap Perubahan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Asma, Tuti Nur. (2012). Pengaruh Aliran Kas dan Perbedaan Antara Laba Akuntansi Dengan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Hanlon, Michelle. (2005). The Persistence and Pricing of Earnings, Accruals, and Cash Flows When Firm Have Large Book-Tax Difference. The Accounting Review, 80 (1), pp: 137-166.

Djamaluddin, Subekti., Wijayanti, Handayani Tri., dan Rahmawati. (2008).

Analisis pengaruh perbedaan antara laba akuntansi dan Laba Fiskal terhadap persistensi Laba, Akrual, dan Arus Kas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ríset Akuntansi Indonesia, 11 (1), h: 52-74.

Dwiati, Agustina Ratna. (2008). Kemampuan Arus Kas, Laba, dan Akrual Untuk Memprediksi Arus Kas dan Laba Masa Depan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Schick, Allen. (2007). Perfomance Budgeting and Accrual Budgeting: Decision Rules or Analytic Tools?. OECD Journal on Budgeting, 7 (2), ISSN 1608-7143.

Watson, Jodi and Peter Wells. (2005). The Association Between Various Earnings and Cash Flow Measures of Firm Perfomance and Stock Return: Some Australian evidence. Avalaible at:.http://papers.ssrn.com/.

Ginting, Sonya Erna. (2009). Pengaruh Perbedaan Antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Blaylock, Bradley., Terry Shevlin., and Ryan Wilson. (2010). Tax avoidance, Large Positive Book-Tax Differences, and Earnings Persistence. The Accounting Review, 87 (1), pp: 91-120.

Diana, Shinta R., dan Indra Wijaya K. (2004). Pengaruh Faktor Kontekstual Terhadap Kegunaan Earnings dan Arus Kas Operasi Dalam Menjelaskan Return Saham. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 7 (1), h: 74-93.

Meythi. (2006). Pengaruh Kas Operasi Terhadap Harga Saham Dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Nasir, Mohamad dan Mariana Ulfah. (2008). Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham Dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Maksi, 8 (1), h: 74-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.