UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Nurul Fadilah, Merlin Merlin, Nurul Muthmainnah

Abstract


Kepercayaan diri sangat penting bagi setiap peserta didik, karena tanpa percaya diri akan sulit untuk mencapai prestasi belajar yang lebih optimal. Peserta didik yang memiliki kepercayaan diri dalam belajar akan berusaha keras untuk mengeksplorasi semua bakat yang ada salam dirinya. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan menyadari kemampuan yang ada dalam dirinya, mengetahui dan menyadari bahwa dirinya memiliki bakat, keterampilan atau keahlian sehingga seseorang akan bertindak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Nunukan khususnya kelas XI I-III. Upaya yang dilakukan guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan cara memberikan layanan bimbingan klasikal. Jika bimbingan klasikal ada yang tidak meningkat kepercayaan dirinya maka guru BK akan beralih memberikan layanan BKP (Bimbingan kelompok). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakpercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Nunukan khususnya di kelas XI I-III yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu: konsep diri, harga diri, dan kondisi fisik. Faktor eksternal yaitu: pendidikan dan lingkungan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.