Efektivitas Penggunaan Model PBL Dalam Pembelajaran Fisika SMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Farida Handayani

Abstract


Perkembangan abad 21 mendorong perkembangan dari segala bidang kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikannya khusunya dalam pendidikan Fisika. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki para peserta didik untuk dapat bersaing secara global dalam menghadapi perkembangan yang begitu pesat adalah kemampuan berpikir kritis. Dalam pembelajaran fisika kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan karena fisika erat kaitannya dengan hal-hal alam yang bersifat abstrak. Untuk dapat menanamkan kemampuan berpikir kritis tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Artikel ini disusun untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku - buku serta jurnal - jurnal terakreditasi nasional maupun internasional kemudian dibaca dan dikaji. Setelah semua data terkumpul, dilakukan pengujian dan perbandingan efektifitas beberapa model pembelajaran yang ditemukan. Tenik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian didapatkan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang efektif digunakan dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya penelitian yang berhasil membuktikan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis.


References


Arafah, B. (2019). Needs Analysis on English for Vocational Purpose for Students of Hospitality Department. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v3i19.4869

Alieffia, Z., & Mayasari, T. (2018). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Fisika Siswa MTS. Seminar Nasional Quantum, 25, 583–589.

Crisna Dewi, P. R., Suastra, I. W., & Suswandi, I. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2).

Damayanti, L., Subagiyo, L., Syam, M., Studi, P., Fisika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Moodle dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL LITERASI PENDIDIKAN FISIKA, 2(1), 53–62. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/

Dhian Crismasanti, Y., Studi Pendidikan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana Tri Nova Hasti Yunianta, P., & Studi Pendidikan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana, P. (2017). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI PECAHAN.

Farisi, A., & Hamid, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. | Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 3(2), 283–287.

Fita, M. N., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2021). Studies in Learning and Teaching Studies in Learning and Teaching The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) Based Socioscientific Issue (SSI) to Improve Critical Thinking Skills. 2(3), 1–9. https://doi.org/10.46627/silet

Ikayanti, R., Suratno, S., & Wahyuni, D. (2017). Critical Thinking Skill In Science On Junior High School By Problem Based Learning Models. Pancaran Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i3.78

Karim, S., & Daryanto. (2017). Pembelajaran Abad 21. Penerbit Gava Media.

M. Taufiq Amir. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana pendidikan memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Kencana Prenada Media Group.

Maqbullah, S., Sumiati, T., Muqodas, I., Guru, P., Dasar, S., & Kunci, K. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. 13(2), 106–112.

Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES. In EDUKASI : Jurnal Pendidikan (Vol. 10, Issue 2).

Prastiwi, M. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. E-Journal Pensa, 06(02), 98–103.

Rahmat, R., Suwarma, I. R., & Imansyah, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI GETARAN HARMONIK. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019

Sari, N., Astuti, D., Fajar Priyayi, D., Sastrodiharjo, S., & Biologi, P. (2021). PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY. In Jl. Diponegoro.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.484

Siwi, T., & Kurniawan, S. M. R. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD MUHAMMADIYAH KAUMAN TAHUN 2016/ 2017. In Fundamental Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 1).

Suharno, S., Selviana, A. S., & Sunarno, W. (2022). The Effectiveness of Using Physics Module with Problem-Based Learning to Enhance Critical and Creative Thinking Skills. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 19–25. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.35476

Susanti, A., Nelci, D., Elizabeth, A., & Mole, P. N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 2 MAUMERE PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM.

Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 5 SD (Vol. 3, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. In JPMR (Vol. 04, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Yew, E., & Schmidt, H. (2012). What students learn in problem-based learning: A process analysis. Instructional Science, 40(2), 371–395.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.