Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa

Hara Permana, Nakhma’ussolikhah Nakhma’ussolikhah, Nashiroh Nashiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kondisi efikasi diri siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, (2) mengetahui kondisi efikasi diri sisiwa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, (3) mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap efikasi diri siswa kelas X MA An Nur Kota Cirebon.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain true eksperimental design, dengan pola penelitian pretest-posttest control group design. Desain ini terdapat dua kelas yang dipilih secara random yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dengan tujuan untuk melakukan pengukuran terhadap subjek.

Hasil uji-t independent sample t-test memiliki nilai t hitung > t tabel (5,894 > 2,080). Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat kenaikan perbedaan rata-rata tingkat efikasi diri pada posttest kelompok eksperimen dan postest kelas kontrol.

Hal itu juga didukung oleh nilai mean postest kelas eksperimen sebesar 114,50 lebih besar daripada postest kelas kontrol yaitu sebesar 96,73. Sehingga  dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa kelas X MA An Nur Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.