PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL DENGAN METODE THE SILENT WAY DAN MEDIA LIVING BOOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEBATIK UTARA

Nur Syahirah, Rita Kumala Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fabel dengan metode The Silent Way dan media Living Book pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sebatik Utara Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran The Silent Way melalui media Living Book dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 35%, ranah kognitif sebesar 47% dan ranah psikomotorik sebesar 35% selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa ranah afektif meningkat sebesar 88% hal ini dikarenakan siswa telah menanamkan sifat kerjasama dan bertanggungjawab serta sifat yang lebih antusias dalam pembelajaran, selanjutnya ranah kognitif meningkat sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa dapat membuat rangkaian cerita, sktruktur serta pemilihan kata dan kalimat yang lebih baik. Ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan sebesar 100%.

References


Akhadiah, Sabarti. dkk. (2012. Pembinan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmussya’ni, A., & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di Sdn 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2640

Isabella. (2018). Kemampuan Menulis Ceirta Fabel dengan Menggunakan Model Gallery Walk Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Unpublished Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Kurniawan, Heru. (2013). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosilogi, Semiotika, hingga penulisan artikel kreatif. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Lilis. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Metode Berimajinasi Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas XI IIS-3 SMA Negeri 1 Nunukan Selatan. Unpublished Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Mahnun Nunu. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Meliyawanti, & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/2020. Literasi, 1(1), 15–16. http://www.jkqh.uniqhba.ac.id/index.php/literasi/article/view/152

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora, 16(2), 107–122.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Permadi, S. B. (2017). Kritik Objektif dalam Teks Fabel BSE Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. 281–292.

Radia. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi bebas dengan menggunakan metode Outdoor Study Melalui Teknik Imajinatif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Tengah. Upublished Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Sarumpaet, Riris K, Toha. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Senjaya, A., Wahid, F. I., Saputra, D. Y., Lathfullah, M., & Fasya, S. (2018). PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS. volume 3 n, 65–72.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.