Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Aplikasi Wattpad pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan

Tesa Lutfi Yanasari, Rita Kumala Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tarakan pada kelas VIII-7 pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang memperoleh sampel penelitian terdiri dari 4 peserta didik di kelas VIII-7 yang telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna wattpad secara pasif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang di peroleh terdapat perubahan yang signifikan dari penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tarakan. Nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan aplikasi wattpad adalah 61%, adapun nilai rata-rata setelah menggunakan aplikasi wattpad pada kemampuan menulis naskah drama diperoleh rata-rata sebesar 78%. Nilai ketuntasan siswa sebelum menggunakan aplikasi wattpad dengan rentang nilai 76-85 ada 1 siswa dengan presentase 25%, siswa yang memperoleh nilai 0-65 ada 3 orang dengan presentase 75%. Adapun nilai ketuntasan setelah menggunakan aplikasi wattpad dengan rentang nilai 86-100 ada 1 orang dengan presentase 25%, siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 76-85 ada 2 orang dengan presentase 50%, dan siswa dengan nilai 0-65 ada 1 orang dengan presentase 25%.


References


Aditya, R. (2021). Jenis Teknik Pengumpulan Data dan Penjelasannya. Retrieved from https://www.suara.com/tekno/2021/12/14/123739/jenis-teknik-pengumpulan-data-dan-penjelasannya

Basri & Andi Febriana. (2020). Wattpad’s Role in Literature Learning: A Study. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/artcle/view/18188

Devi, Siska Novya Shinta. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak Melalui Media Gambar Berseri dengan Menggunakan Teknik Pengandaian Diri Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Kramat Kab. Tegal. Unpublished skripsi. Universitas Negeri Malang. Endraswara, Suwardi. (2011). Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Sleman, Yogyakarta. CAPS.

Isnaini. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Strategi Buku Bergambar Minim Kata Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul. Unpublished skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lararenjana, E. (2020). Purposive Sampling Adalah Teknik Pengambilan Sampel Dengan Ciri Khusus. Retrieved from https://merdeka.com/jatim/purposive/sampling-adalah-teknik-pengambilan-sampel-dengan-ciri-khusus-wajib-tahu-kln.html

Limfani, M. Dan Ika Krismayani. (2019). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Aplikasi Self-Publishing Berbasis Online Dalam Distribusi Informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26803

Mahmud. (2017). Upaya Meningkatakan Kemampuan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/178

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta. BPFE-YOGYAKARTA.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. Retrieved from https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Nurkhodijah, dkk. (2020). Fiction Publishing Patterns In The “Wattpad†Online Comunnity. Jurnal Ilmu Perpustkaan, Informasi, dan Kearsipan. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al- hikmah/article/view/12786/pdf

Putri, Ria Ananda. (2018). Peranan Aplikasi Wattpad dalam Memotivasi Siswa Untuk Menulis Cerita (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan). Unpublished skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sardila, V. (2015). Strategi Perkembangan Ilmu Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam. Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/1500/1293

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa (edisi revisi). Bandung: Angkasa Bnadung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.