STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS PIDATO PERSUASIF DI KELAS 9-D SEKOLAH SANG JUARA

Rezky Nurmayani, Siti Fathonah, Mardiono Mardiono

Abstract


Strategi pembelajaran merupakan sebuah kesatuan sumber belajar aktif yang meliputi berbagai cara untuk membuat siswa aktif sejak awal melalui aktifitas-aktifitas yang membangun untuk menyadarkan peserta didik dalam waktu singkat agar mereka berfikir tentang materi pelajaran. Motivasi belajar penting bagi peserta didik agar tidak mudah menyerah dan tidak mudah putus asa dalam pembelajaran. Peserta didik yang terdorong untuk belajar dengan motivasi belajar akan lebih meningkat rasa keinginan untuk belajar lebih giat lagi agar dapat memahami dengan mudah pembelajaran yang diberikan. Motivasi belajar juga merupakan gambaran awal peserta didik untuk bersunguh-sungguh  dalam pembelajaran agar mencapai tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan melalui tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode obervasi , wawancara dan dokumentasi melalui platform googleform. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks pidato persuasif di kelas 9-D sekolah sang juara SMPN 1 Nunukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan dalam semangat belajarnya peserta didik ketika mendapat dorongan motivasi belajar yang diberikan guru dalam mata pelajaran teks pidato persuasif di kelas 9-D sekolah sang juara dengan strategi meningkatkan motivasi yang diberikan.


References


Arikunto, Suharsimi Dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Strategi Untuk Meningkatkannya. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY. 455-460.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya , 5 (1), 34-45.

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi Penngelolaan Laboratorium Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran (Penelitian Pada SMP Negeri Dan Swasta Di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat). Jurnal UPI, Edisi Khusus

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 226 from https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Seno, A. J. R., & Sumaryoto, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 9-17.

Setiarini, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dan Metode Diskusi di SDN Model Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2(1).

Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 3(1)

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 226 from https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939


Refbacks

  • There are currently no refbacks.