PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA MASA PANDEMI DI SMK NEGERI SE-KOTA TARAKAN

Riski Sovayunanto, Siti Rahmi

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan segala sesuatu yang dilakukan berkaitan dengan penundaan penyelesaian tugas-tugas akademik tanpa adanya alasan yang jelas. Umumnya siswa yang melakukan prokrastinasi tidak menyelesaikan tugas, dan tugas tidak dapat diselesaikan tepat waktu atau bahkan tidak dikerjakan. Ciri-ciri perilaku prokrastinasi akademik yaitu penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Tarakan, SMK Negeri 2 Tarakan, SMK Negeri 3 Tarakan, dan SMK Negeri 4 Tarakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebanyak 150 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri se-Kota Tarakan, berada pada kategori rendah sebanyak 17 siswa dengan persentase 11,3 %, siswa yang berada pada kategori sedang sebanyak 131 siswa dengan persentase 87,3%, dan siswa yang berada pada kategori tinggi 2 siswa dengan persentase 1,3%.

References


Aklima, dkk. (2020). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Muara Batu). Proding Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 919-927.

Apriani, P. (2018). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1),42-51.

Burhan, M. N. I. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Ghufron, N.M. Risnawita, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Edisi III. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Handayani, T & Sudiana. (2015). Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta), 7(2). 165-180.

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2.

Hermawan, Z. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individual Teknik Behavioristik Self-Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa. PROSIDING Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Islami. 1325-1342.

Irwan. (2017). Etika dan Perilaku Kesehatan. Cetakan I. CV Absolute Media: Yogyakarta.

Kartadinata, I. Tjundjing, S. (2008). I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Jurnal Indonesian Psychological Journal, 23(2). 109-119.

Kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid 19. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19. Diakses Tanggal 24 Februari 2021.

Liadi, F.N & Budiono. H. (2019). Pengaruh Dukungan Pendidikan, Sikap dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan pada Mahasiswa Semester Satu. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. I(3). 447-455.

Marda, S. Sunawan & Kurniawan, K. (2019). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2). 62-66

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 4(1). 53-67.

Nitami, M. Daharnis & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa, 4(1).

Nurlaela, Asto. (2014). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Gea, 14(1). 40-48.

Penata, G.S.E. (2020). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Permana, Bayu. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Darul Falah Cililin. Fokus, 2(3). 87-94.

Putrie, C.A.R. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri Akreditasi A di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1). 18-26.

Ramadhan, R.P & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). 154-159.

Ramadhani, E. Sadiyah, H. Putri, R. D. Pohan. R. A. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 7(1). 45-51.

Sofa Yunanto, R. (2017). Pengaruh Big Five Personality dan Self Regulated Learning pada Prestasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Tarakan (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta: Bandung.

Wulandari, dkk. (2021). Gambaran Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Kelas XI pada Masa Pandemi Covid-19. FOKUS, 4(3). 200-212.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.