Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Akademik SMA Negeri 2 Nunukan

Melviana Toding, Bimo Aji Nugroho

Abstract


Motivasi belajar adalah kecenderungan siswa dalam melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa terhadap prestasi akademik SMA Negeri 2 Nunukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. Populasi yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 2 Nunukan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik di SMAN 2 Nunukan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan motivasi belajar siswa terhadap prestasi akademik. Dimana observasi yang telah dilakukan oleh peneliti melalui penyebaran kuesioner ke seluruh siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 2 Nunukan. Peneliti mendapatkan perbandingan antara siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Pada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi tentu dapat mencapai prestasi akademik yang baik dan sebaliknya siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah akan sulit untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.