Scientific Literacy and Literacy in Science: Review Konsep dan Perannya dalam Pendidikan Sains
Abstract
Scientific literacy and Literacy in science merupakan dua hal yang penting dalam Pendidikan sains. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa terdapat perbedaan makna dari kedua istilah tersebut. Melalui review literatur, artikel ini membahas tentang perbedaan antara istilah Scientific literacy dan Literacy in science serta perannya dalam pendidikan sains. Hal ini diharapkan memberikan kejelasan bagi para praktisi pendidikan, tentang bagaimana membedakan antara kedua istilah tersebut dan bagaimana implementasinya dalam pendidikan sains. Walaupun scientific literacy telah banyak dibahas dalam berbagai penelitian namun definisinya masih diperdebatkan. Hal ini dikarenakan banyaknya sudut pandang yang dapat digunakan untuk mendefinisikan scientific literacy, misalnya dari sudut pandang tujuan dan alasan. Di sisi lain, terdapat istilah Literacy in science yang juga memiliki arti literasi sains. Namun, literacy in science ini memiliki makna yang berbeda dengan scientific literacy walaupun kedua hal ini saling berhubungan. Untuk mencapai scientific literacy seseorang harus menguasai literasi dalam hal sains terlebih dahulu. Dalam beberapa tahun terakhir, literasi sains telah menjadi bagian penting dari kurikulum Pendidikan sains. Oleh karena itu pemahaman tentang literasi sains merupakan hal yang penting untuk tercapainya kemajuan dalam bidang Pendidikan sains.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.