Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL): Berbasis STEAM

Bimo Aji Nugroho, Haslina Haslina

Abstract


Minat merupakan adanya suatu rasa ketertarikan pada suatu kegiatan atau aktivitas tanpa ada dorongan atau paksaan dari orang lain. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa pada materi biologi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEAM yang telah diterapkan oleh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan kuesioner (angket) minat belajar siswa terhadap materi biologi. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan pengambilan anggota sampel dari suatu populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi tersebut (homogen). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada kategori minat “Tinggi†dengan tingkat persentase sebesar 16,47%, kategori minat “Sedang†dengan persentase minat 69,70%, dan kategori minat “Rendah†dengan tingkat persentase minat belajar sebesar 13,82%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tingkat minat belajar siswa SMA Negeri 1 Sebatik terhadap proses pembelajaran materi biologi yaitu minat “Sedang†dengan persentase minat belajar sebesar 69,47% dari total sampel yang diperoleh.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.