Analisis Capaian Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Negeri Kelas XI MIA Di Kecamatan Nunukan Selatan

Hebrianti Hebrianti, Fitri Wijarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Capaian Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Negeri Kelas XI MIA di Kecamatan Nunukan Selatan menggunakan instrumen Scientific Literacy Assessment (SLA). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian siswa SMA Negeri 1 Nunukan Selatan dan SMA Negeri 2 Nunukan Selatan. Penentuan sampel menggunakan teknik proportionate sampling. Data diperoleh berdasarkan hasil tes soal Scientific Literacy Assessment (SLA) dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan alternatif pilihan jawaban a,b,c,d,dan e, yang terbagi ke dalam empat aspek. Aspek tersebut meliputi aspek peran sains, aspek berpikir dan bekerja secara ilmiah, aspek sains dan masyarakat aspek matematika dan sains. Rerata capaian kemampuan literasi sains kedua sekolah sebesar 45,29 dengan kategori rendah. Rata-rata capaian kemampuan literasi sains SMA Negeri 1 Nunukan Selatan sebesar 45,24 dan SMA Negeri 2 Nunukan Selatan 45,34.

References


Diana, S., Rachmatulloh, A., & Rahmawati, E. S. (2015). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA). Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 285–291.

Fausan, M. M., & Pujiastuti, I. P. (2017). Analisis Kemampuan Awal Iiterasi Sains Mahasiswa Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessment. Seminar Nasional LP2M UNM, 292–295.

Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a Measure of Scientific Literacy for Middle School Students. Science Education, 98(4), 549–580. https://doi.org/10.1002/sce.21115

Irwan, A. P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di Sman 2 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(3), 17–24. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13494

Muhammad, S. N., Listiani, L., & Adhani, A. (2018). Hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 112. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.2935

OECD. 2015. “Pisa 2015.†Pisa 2015.

Oktaviani, U. (2020). Heny Nugroho 4d) , Eka Susanti 5e) 1,2,3,4,5 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jl. Kapten Suparman, 1(1), 1–6.

PISA 2012 Results in Focus. (2012).

Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Rohana., Asrial., & Zurweni. (2020). Rofil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessments (Sla). Bioedusains, 2 Nomor 2. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Bioedusains.V3i2.1848

Rusilowati, A., Nugroho, S. E., Susilowati, E. S. M., Mustika, T., Harfiyani, N., & Prabowo, H. T. (2018). The development of scientific literacy assessment to measure student’s scientific literacy skills in energy theme. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 6–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012046

Sugiono. (2017). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&d (Sutopo (Ed.); 1 s.d 28).

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi sains peserta didik. Humaniora.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. jakarta: prestasi pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.