Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dikelas V Sekolah Dasar

Nur Pangesti Apriliyana, Megasyifa Fajra Virgasha

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan tiga siklus, setiap siklusnya diadakan evaluasi atau tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik tes evaluasi digunakan untuk mengetahui hasil nilai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 003 Penajam Paser Utara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V C yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini mengunakan model pembelajaran Make A Match.  Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa meningkat setiap siklus dengan tingkat keberhasilan yang tergolong baik pada siklus I sebesar 34,2%, siklus II sebesar 68,4% dan siklus III sebesar 92,1%. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil karena pada setiap siklusnya mengalami peningkatan serta dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 85% siswa memperoleh nilai di atas KKM yaitu 70, dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 92, 1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengajar dengan model Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Masalah Sosial siswa kelas V di SDN 003  PPU.

References


Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Retrieved https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17663.

Daryanto. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Daryanto.2013.Inovasi Pembelajaran Efektif . Bandung:Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Isjoni. 2011. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Mardalis. 2007. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Paizaluddin dan Ermalinda.2014.Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2013. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Solihatin, Etin. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Trianto.2012.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara

Tri Suwarno Handoko Noviyanto dkk. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar Biologi. Retrieved from https://edukatif.org/ind


Refbacks

  • There are currently no refbacks.