Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa

Lenna Oktaviani, Nursia Nursia, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malinau. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Malinau, dengan jumlah sampel 45 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Instrument penelitian ini yaitu soal tes hasil belajar sistem reproduksi pada manusia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial parametris menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan 0.001 < 0.05 yang berarti H1 diterima, yakni penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

References


Amaliah, A., Mirandah, D., & Karmila, M. (2018). Flipped Classroom : Solusi Inovatif Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 104–108.

Astuti. S.P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5(1): 68-75.

Bergmann, J. & Sams, A. (2013). The Flipped Classroom diunduh dari https:// www.acsi.org/Documents/Professional%20Development/CSE17.3%20% 2 0 B e r g m a n n % 2 0 - % 2 0 T h e % 2 0 Flipped%20Classroom.pdf

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–2934.

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika di SMK. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

GökçeAkçayıra & MuratAkçayırb. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers & Education, 126, 334-345. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.021

Hidayat N.Reza, Sabri, L.M, Awaludding Moehammad. 2019. Analisis Jaring Berdasarkan Fungsi Presisi (Studi Kasus : Titik Geoid Geometri Kota Semarang. Jurnal Geodesi Undip.

Johnson, G.B. (2013). Student Perceptions of the Flipped Classroom. Columbia: The University of British Columbia.

Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. 3(2), 95–108.

Mudarwan. (2018). Pengunaan model pembelajaran flipped classroom dengan moodle sebagai implementasi dari blended learning. Jurnal Pendidikan Penabur, 31, 13–23.

Pradita, D. W. (2020). Teori Dan Praktik Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom.Repository.Usd.Ac.Id,58. https://repository.usd.ac.id/38590/2/131324025_full.pdf

Riswanto, H. & Dasmo. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Mind Map. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 100-106.

Roehl, A., Reddy, S. L., & Shannon, G. J. (2013). The flipped classroom: An opportunity to engage millennial students through active learning strategies. Journal of Family & Consumer Sciences, 105(2), 44-49

Santoso, Singgih. (2014) . Statistik Parametrik (Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : PT.Gramedia.

Ssebuufu, R., Kakande, I., & Okello, M. (2022). Online) ISSN. East Cent. Afr. j. Surg, 14(2), 50. http://www.bioline.org.br/

Yulietri, F., Mulyoto, & S, L. A. (2015). Model flipped classroom dan discovery learning pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Jurnal Teknodika, 13(2), 5–17. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6792

Zainuddin, Z., Habiburrahim, H., Muluk, S., & Keumala, C. M. 2019. How do students become self-directed learners in the EFL flipped-class pedagogy? A study in higher education. Indonesian Journal of Applied Linguistics. Vol. 8(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.