Profil Keterampilan Membaca Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan

Fitri Wijarini

Abstract


Keterampilan membaca menentukan kognitif dan pemahaman mahasiswa. Hal ini berarti semakin baik tingkat keterampilan membaca mahasiswa semakin cepat pula mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterampilamn membaca pemahaman mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi UBT sebanyak 27 mahasiswa. Data penelitian yang diukur adalah data kategori tingkat keterampilan membaca (tinggi, sedang, cukup rendah, dan rendah) dan level keterampilan membaca pemahaman  mahasiswa (level literasi, inferensiasi, kritis, dan kreratif). Data kategori tingkat keterampilan dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data level keterampilan membaca pemahamna dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian terkait kategori  tingkat keterampilan membaca pada kategori sangat baik sebesar 7.41%, Baik sebesar 74.07 %, dan cukup sebesar 18.51%. Sedangkan level keterampilan membaca mahasiswa berada pada kategori level literal dan level inferensial.

References


Badan Lingkungan Hidup. (2013). Penampungan air hujan (PAH) di Kabupaten Gunung Kidul. Retrieved from http://blh.jogjaprov.go.id/ 2013/09/Penampungan-air-hujan-pah-di-kabupaten-gunungkidul/.

Bergmann, P. G. 1993. Relativity. In The New Encyclopedia Britannica. (Vol. 26, pp. 501­508). Chicago, IL: Encyclopedia Britannica.

Dewi, W. S. (2007). Dampak Alih guna lahan hutan menjadi lahan pertanian: Perubahan diversitas cacing tanah dan fungsinya dalam mempertahankan pori makro tanah. Unpublished PhD thesis, Universitas Brawijaya.

Djunaedi. (2012). Kajian Penataan Sumber Daya Air dan Konservasi Air Tanah pada Wilayah Kritis Air. Retrieved from http://jurnalpengairan.ub.ac.id/ index.php/ jtp/.

Eze, E.B., Eni, D.I., & Comfort, O. (2010). Evaluation of the infiltration capacity of soils in Akpabuyo local geverment area of Cross River, Nigeria. Journal of Geography and Geology, 3 (1):189-190. https://doi.org/10.5539/jgg.v3n1p189.

Harini,I.N., (2018). Tingkat literasi membaca peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1),30-45 https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/19048

Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program PISA. Litera, 17(1),90-106. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/19048

Henry, W. A., III. (1990, April 9). Making the grade in today's schools. Time, 135, 28­31.

Krebs, C.J. (2009). Ecology the Experimental Analysis of Distribution and Abundance. USA: Benjamin Cummings, Pearson.

Lowi, T., Ginsberg, B., & Jackson, S. (1994). Analyzing American Government: American Government, Freedom and Power (3rd ed). New York: Norton Print.

Muelbauer, J. (2007, September). Housing, credit, and consumer expenditure. In S. C. Ludvigson (Chair), Housing and consumer behaviour. Symposium conducted at the meeting of the Federal Reserve Bank of Kansas City, Jackson Hole, WY.

National Institute of Mental Health. (1990). Clinical training in serious mental illness (DHHS Publication No. ADM 90­1679). Washington, DC: U.S. Government Printing Office.

Sancayaningsih, R. P. & Fatimatuzzahra. (2013). Analisis vegetasi lantai di sekitar mata-air (struktur dan aspek ekofisiologi) berpotensi untuk konservasi mata air. Unpublished Laporan BOPTN UGM. Yogyakarta.

Schultz, S. (2005, December 28). Calls made to strengthen state energy policies. The Country Today, pp. 1A, 2A.

Svendsen, S., & Løber, L. (2020). The big picture/Academic writing: The one-hour guide (3rd digital ed.). Hans Reitzel Forlag.

Wojciechowski, M. F., Mahn, J., & Jones, B. (2006). Fabaceae. Retrieved from http://tolweb.org/ Fabaceae/21093/2006.06.14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.