Efektivitas Penggunaan Model PBL Dalam Pembelajaran Fisika SMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Farida Handayani

Abstract


Perkembangan abad 21 mendorong perkembangan dari segala bidang kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikannya khusunya dalam pendidikan Fisika. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki para peserta didik untuk dapat bersaing secara global dalam menghadapi perkembangan yang begitu pesat adalah kemampuan berpikir kritis. Dalam pembelajaran fisika kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan karena fisika erat kaitannya dengan hal-hal alam yang bersifat abstrak. Untuk dapat menanamkan kemampuan berpikir kritis tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Artikel ini disusun untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku - buku serta jurnal - jurnal terakreditasi nasional maupun internasional kemudian dibaca dan dikaji. Setelah semua data terkumpul, dilakukan pengujian dan perbandingan efektifitas beberapa model pembelajaran yang ditemukan. Tenik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian didapatkan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang efektif digunakan dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya penelitian yang berhasil membuktikan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.