Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Gotong Royong dan Integritas Kepribadian

Laurensia Claudia Pratomo

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembentukan karakter siswa selama pembelajaran online yang kurang selaras dengan visi yayasan Yohannes Gabriel yaitu membentuk pribadi berintegritas. Upaya untuk meningkatkan integritas kepribadian siswa adalah melalui penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dibarengi dengan dimensi gotong royong siswa SMA Katolik Karitas 3 Surabaya. Tujuan penelitian adalah mengkaji tingkat kemampuan gotong royong dan integritas kepribadian siswa setelah menerima P5. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sample cluster random sampling. Sampel merupakan siswa kelas X di SMAK Karitas 3 Surabaya tahun pelajaran 2022/ 2023 sejumlah 98 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan diolah berdasarkan skala Guttman. Hasil analisis menunjukkan bila presentase skor tingkat gotong royong siswa pada dimensi kolaborasi sebesar 79,60%, dimensi kepedulian sebesar 73,13%, dimensi berbagi sebesar 87,11%. Pada variabel integritas kepribadian (kejujuran) siswa memiliki presentase skor masing-masing pada dimensi pengetahuan moral sebesar 57,83%, perasaan moral sebesar 69,63%, tindakan moral sebesar 76,25%. Implikasi penelitian yaitu diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh setiap dimensi P5 terhadap integritas siswa secara lebih dalam.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.