Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa

Cici Ismuniar, Siti Rahmi, Marselina Odilia Oncu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh dengan Motivasi Belajar Siswa. Pola asuh adalah keseluruhan interaksi orang tua dan anak, dimana orang tua memberikan dorongan bagi anak dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan, dan nilai-nilai yang dianggap paling tepat bagi orang tua agar anak bisa mandiri, tumbuh, serta berkembang secara sehat dan optimal. Memiliki rasa percaya diri, rasa ingin tahu bersahabat dan berorientasi untuk sukses. Terdapat 4 indikator pola asuh orang tua: Otoriter, Permisif, Uninvolved dan Demokratis serta terdapat 2 indikator motivasi belajar yaitu Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan koresional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala pola asuh orang tua dan skala motivasi belajar. Hasil korelasi terlihat bahwa korelasi yang terjadi antara kedua variabel adalah korelasi positif, yaitu semakin tinggi pola asuh orang tua maka akan semakin baik juga motivasi belajar pada siswa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.