PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, SANKSI PAJAK, DAN SOSIALISASI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Pedagang Online Shopping Marketplace Shopee)

Sita - Zahira

Abstract


Penelitian untuk mengkaji peran kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak oleh pengguna e-commerce. Sampel berjumlah 100 pengusaha e-commerce, diperoleh dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin step Ellen, Ehow Blog (2010). Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan dan sosialisasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Poin penting dari hasil penelitian adalah kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh negatif. mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.

References


Aditya, N, Andini, R, Raharjo, K. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada KPP Semarang Candi). Jurnal Riset Akuntansi Keuangan volume 2 nomor 3.

Arisandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 62–71.

Budhiartama & Jati. 2016. “Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunanâ€. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 15(2) : 1510-1535.

Cahyadi, I. M. W., & Jati, I. K. (2016). Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E- Jurnal Akuntansi, 16(3), 2342–2373.

Dharma, G. P. E. (2014). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PKB Dan BBNKB. E-Jurnal Akuntansi, 8(2), 340-353.

Ermawati & Afifi. 2018. “PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASIâ€. Prosiding SENDI_U 2018.

Fitria, D. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(1), 30-44.

Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1(1), 49.

Tiraada, T. A. M. (2013). Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan WPOP Di Kabupaten Minahasa Selatan. JURNAL EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 999–1008.

Yoeanda, Q., Afifudin, & Mawardi, M. C. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak OP Pelaku e-commerce di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 7(8), 52–64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.