Pendidikan Karakter siswa kelas 9-4 di SMPN 1 Tarakan

Zulvia Hasanah, Siti Fathonah, Yuliana Heri

Abstract


Pendidikan karakter menjadi pondasi utama dalam membangun karakter bangsa. Nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan yaitu nilai karakter dalam kompetensi inti sikap spritual dan kompetensi inti sikap sosial yang terdapat di dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016. Bedasarkan hasil observasi di SMPN 1 Tarakan, berbagai program kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan di sekolah tersebut, berbagai program kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan di sekolah tersebut,  hal ini dilihat dari visi dan misi utama sekolah yaitu ingin menciptakan peserta didik yang cerdas, terampil, berbudaya berdasarkan iman dan takwa serta berwawasan peduli lingkungan. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, ucapan pribadi, dan nantinya metode ini menghasilkan data deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah sikap dan kedisplinan siswa; Jujur, Displin, Bertanggung Jawab, Gigih, dan Toleransi. Impelementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tarakan dilakukan dengan sistem terpadu melalui pola kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.