Upaya Guru Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bunyu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap subjek penelitian. subjek dalam penelitian ini dikategorikan kedalam dua kelompok sumber data yaitu sumber data primer 3 orang guru Bimbingan dan Konseling serta sumber data sekunder 2 orang siswa kelas VIII. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari peneltian ini dapat disimpulkan bahwa beberapa faktor yang menjadi penyebab perilaku tidak disiplin siswa salah satunya adalah sikap orangtua yang acuh, kurang pengawasan dan over thinking, factor ekonomi keluarga yang menuntut anak untuk ikut bekerja dan ikut menanggung kebutuhan keluarga sehingga siswa menjadi tidak fokus dalam belajar dan menurukan kedisiplinan siswa seperti sering terlambat. Upaya guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa adalah dengan mengoptimalkan pemberian layanan baik bimbingan maupun konseling bagi siswa di SMP Negeri 2 Bunyu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.