PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Kartini Kartini, Mety Toding Bua

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran tematik dilihat dari ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Develoment (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model yang diadaptasi oleh Borg and Gall. Penilaian kelayakan media video animasi pada pembelajaran tematik di kelas 4 SD terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 78% dengan kategori layak, validasi ahli media sebesar 84%, dan validasi ahli praktisi sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Hasil yang diperoleh dari angket respon siswa uji coba terbatas sebesar 91,6%, dan pada angket respon siswa uji coba lapangan sebesar 91,7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi maka, pengembangan media video animasi pada pembelajaran tematik tema pahlawanku dinyatakan layak dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References


Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Ormrod, J. Ellis. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1. Erlangga.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Simanjuntak, L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Animasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3559–3565. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.604%0Ahttps://jbasic.org/index.php/basicedu/article/viewFile/604/pdf

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.