MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Uswatun Khasanah, Siswandari Siswandari, Tri Murwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah model  discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di era merdeka  belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan  kajian literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan  mengumpulkan data melalui berbagai sumber artikel ilmiah yang relevan  dengan topik penelitian. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih  mendalam dan disajikan dalam tulisan ilmiah. Pencarian data jurnal dalam  penelitian ini menggunakan data base Google Scholar dengan rentang waktu  tahun 2022. Berdasarkan pencarian jurnal yang telah dilakukan, ditemukan  15 jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa model  discovery learning merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan  hasil belajar siswa di era merdeka belajar.

References


Alimuddin, Mulbar, U., & Rahmadani. (2021). The Impact of Discovery learning with a Scientific Approach in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1).

Alpian, Y., & Anggraeni, S.W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.Jurnal Buana Pengabdian, 1(1).

Anugeraheni, L. K. & I. (2020). Meta Analisis Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Education and Development, 8(4), 420–426. Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456 Ashfahani, A., Haryono, H., & Kustiono, K. (2020). The Effectiveness of Project Based Learning and Discovery learning with Modul to Improve Learning Outcome for AutoCAD Subject. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 72–77.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa

Canlı, S., & Demirtaş, H. (2017). The Impact of Globalization on Teaching Profession: The Global Teacher. Journal of Education and Training Studies, 6(1), 80. Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914.https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/894 Inde, K. H., Kaleka, M. B. U., & Ilyas, I. (2020). the Effect of Discovery learning Model on Learning Outcome of Grade-Vii Students of Smpn 5 Nangapanda. Journal of Science Education Research, 4(1), 11–14.

Pasaribu, P. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Improvement Of Primary School Students Activeness And Outcome Using Discovery learning Model In Mathematics. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(2), 87–92.

Ramadhani, A. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1).

Rustamana, H. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran berbasis Penyelidikan (Discovery learning) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 139–154.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Alfitry, S. (2020). Model Discovery learning Dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran (Ke-1). Guepedia The First On-Publisher in Indonesia. Simangunsong, A. D. (2020). The Effect of Discovery learning Model Using Concept Map and Computer Animation on Student Learning Outcomes in Hydrocarbon Material. … Journal of Education and Curriculum …, 3(2), 130–135.

Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The effects of a discovery learning module on geometry for improving students’ mathematical reasoning skills, communication and self-confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3), 214–228.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Belajar Mengajar (ke-21). PT.Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.