DESKRIPSI PENGGUNAAN MEDIA AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI UTAMA 1 TARAKAN

Ramna Ramna, Dedi Kusnadi, Sahana Sahana

Abstract


Sejak bergantinya kurikulum di Indonesia menjadi Kurikulum 2013, hampir seluruh sekolah dasar di Indonesia saat ini telah menerapkan pembelajaran Tematik. Pembelajaran Tematik adalah suatu pembelajaran yang mengacu pada tema-tema atau topik tertentu, yang dimana tema-tema tersebut ditinjau dari berbagai mata pelajaran. Pembelajaran apapun, baik itu pembelajaran konvensional ataupun pembelajaran tematik tidak akan dapat diterapkan secara optimal kepada peserta didik apabila media yang digunakan kurang tepat. Sebaliknya, apabila media yang digunakan tepat akan memikat peserta didik agar senang dan tertarik dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media ajar dalam pembelajaran Tematik di kelas 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun sifat penelitian ini yakni analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa guru belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Pada setiap pertemuan guru hanya menggunakan metode ceramah, dan hal yang menariknya adalah guru di kelas 2 hanya menggunakan buku dan papan tulis setiap kali mengajar. Selama melakukan observasi selama itu pula hampir tidak pernah guru terlihat menggunakan media pembelajaran, baik media pembelajaran dari bahan bekas ataupun berbasis digital, guru hanya terlihat menggunakan media konkret (benda-benda di sekitar) di beberapa materi yang tidak memungkinkan apabila hanya dijelaskan.

References


Ahmad Sulhan, Ahmad Khalakul Khairi, M. A. 2019. Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Disekolah Dasar (SD/MI).

Ahyar, Hardani, Universitas Sebelas Maret, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, Universitas Gadjah Mada, M. Si. Hardani, S.Pd., Grad. Cert. Biotech Nur Hikmatul Auliya, M. Si. Helmina Andriani, Rhousandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Desi Indriyani, Yanti Fitria, Irdamurni. 2019. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(3):1683–88.

Gunawan, Asnil Aidah Ritonga. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INDUSTRI 4.O.

Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.†Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3(1):45–56. doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Magdalena, Ina, M. Rizki Maulana, Eliyah Amanah, Fitri Wulandari, M. Dwinanda, Juni Gunawan, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sdn Tangerang 5.†BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains 3(2):367–76.

Mangdalena, Ina, Alif FatakhatusShodikoh, and Anis Rachma Pebrianti. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.†EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains 3(2):312–25.

Nuraini, Bianti. 2015. “Risk Factors of Hypertension.†J Majority 4(5):10–19.

Nurdiyansyah. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Putri, R. P. 2021. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.†Journal of Basic Education Studies 4(1):17.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.†Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81. doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Sirajuddin, Saleh. 2017. “Analisis Data Kualitatif.†Analisis Data Kualitatif 180.

Supriyono. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd.†Jurnal Pendidikan Dasar 2:43–48.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.†Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):103. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.

Wahid, Abdul. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.†Istiqra 5(2):1–11.

Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. 2020. “Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):23–27. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77.

Worowirastri E., Dyah, Ima Wahyu P.U, and Dian Ika K. 2018. “Analisis Penggunaan Media Pembelajarantematik Di Sd Muhammadiyah 9 Kota Malang.†JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4(1):17. doi: 10.22219/jinop.v4i1.4906.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.